Solusi dan Tips Rambut Kering

Posted by Solusi Rambut On Kamis, 01 November 2012 0 komentar
Rambut KeringRambut indah, sehat dan berkilau menjadi dambaan semua orang, dan untuk mendapatkan kondisi rambut yang diinginkan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Akan tetapi masalah rambut juga sering menimpa kita seperti masalah rambut kering.

Rambut Kering dan kusam adalah masalah yang berhubungan dengan keindahan rambut. Rambut yang kering akan memberikan penampilan menjadi menurun. Rambut yang kering karena tidak terdapat minyak dan kelembaban yang diperlukan untuk membuat rambut berkilau dan tesktur yang lembut serta mengakibatkan rambut akan kering dan menjadi rapuh dan kusam.

Beberapa orang cenderung memiliki rambut kering karena keturunan walaupun tidak semua orang memilikinya. Walaupun begitu, kebiasaan buruk sering membuat kualitas rambut menjadi buruk.

Banyak cara untuk mengatasi masalah rambut yang menimpa kita. Selain dengan rajin mencuci rambut dengan shampo atau dengan berkeramas, kita dapat meluangkan waktu untuk melakukan beberapa perawatan khusus pada rambut.

Penyebab Rambut Menjadi Kering

Sebelum mengatasi masalah pada rambut ini, mungkin anda bertanya mengapa rambut dapat menjadi kering  dan tampak kusam, padahal sudah rajin keramas setiap hari. Penjelasan penting dibawah ini bisa menjawab pertanyaan anda.

  • Terlalu sering keramas dapat mengakibatkan rambut cepat rusak. ( Keramas 2 hari sekali lebih baik daripada setiap hari ).
  • Sering Mengganti merk shampo. Tiap merk shampo memiliki kandungan kimia yang berbeda, bila Anda sering ganti-ganti shampo rambut hanya akan menjadi rusak.
  • Perlakuan yang bermacam-macam pada rambut seperti pencatokan, pengeritingan, bahkan menggunakan hair dryer bisa menyebabkan rambut cepat kering.
  • Rambut yang terkena langsung sinar matahari dalam waktu lama juga bisa menyebabkan rambut kering. Apalagi sinar matahari pada siang hari, akan membuat rambut terasa panas dan jika intensitas terkena sinar matahari ini semakin tinggi dan meningkat maka rambut akan semakin mudah terasa kering dan kusam.

Perlu diingat : sinar matahari sebelum jam sembilan pagi masih sangat baik untuk tubuh dan rambut kita. Karena pada saat itu sinar matahari yang terkena tubuh akan berubah menjadi vitamin D yang berguna untuk pertumbuhan tubuh.

Tips Perawatan pada Rambut Kering

Banyak cara untuk merawat rambut kering agar kembali menjadi normal dan indah. Salah satunya adalah dengan kembali ke alam. Berikut adalah tips merawat rambut kering yang cukup mudah Anda lakukan agar rambut Anda tetap tampak cantik dan sehat.

1. Berikan krim vitamin pada rambut sebelum keramas. Hal ini untuk melembabkan rambut, melembutkan dan memperbaiki rambut yang rusak. Setelah diberi krim vitamin, diamkan rambut selama beberapa menit. Setelah itu baru bilas dan keramaslah seperti biasa.

2. Menggunakan conditioner untuk menghaluskan rambut. Pilihlah conditioner yang sarat akan vitamin A dan E, penggunaan conditioner secara teratur bisa melembabkan rambut Anda sehingga rambut tidak akan kering dan rusak.

3. Menggunakan hair tonic dan hair mask. Saat ini banyak sekali produk hair mask yang bisa Anda dapatkan di pasaran, Anda tinggal memilih produk mana yang cocok untuk rambut Anda.

4. Bila Anda ingin memakai ramuan yang lebih alami, Anda bisa memakai minyak kemiri sebelum tidur dan bilas saat pagi hari. Minyak kemiri bisa menghaluskan dan melembabkan rambut sehingga rambut tidak akan cepat kering.

5. Hentikan menggunakan shampo berbagai merk. Gunakan satu merk shampo saja yang paling cocok dengan rambut Anda. Berganti-ganti shampo hanya akan membuat rambut rusak.

6. Hindari penggunaan hair dryer setelah keramas. Bila Anda ingin rambut cepat kering, lebih baik menggunakan kipas angin daripada hair dryer yang memakai suhu panas. Suhu tinggi hanya akan membuat rambut rusak. Ingat, rambut terdiri dari protein, dan protein bisa rusak bila terkena panas.

7. Jangan terlalu sering mencatok, mengeriting atau mewarnai rambut dengan bahan-bahan kimia yang bermacam-macam. Semua perlakuan ini bisa membuat rambut Anda rusak secara perlahan.

8. Menyisir rambut secara perlahan. Menyisir dengan gerakan cepat dan kasar, malah akan membuat rambut menjadi kusut.

9. Urai rambut Anda, jangan terlalu sering diikat apalagi saat tidur. Mengurai rambut berarti membuat rambut Anda terkena udara lebih banyak, sehingga kelembaban rambut tetap terjaga, tidak kurang maupun tidak terlalu lembab.

Solusi Rambut Kering dengan Cara Alami

Santan Kelapa

Pijat santan tersebut ke rambut dan kulit kepala Anda sebagai sampo. Biarkan campuran ini pada rambut selama beberapa menit. Selanjutnya bilas sampai bersih. Anda bisa mengulangi perawatan ini sekali setiap minggu. Agar berbau harum, Anda bisa mencampurkan minyak lavender pada santan itu.

Cuka Sari Apel

Cuci rambut dengan menggunakan campuran air / cuka  dengan perbandingan sepertiga sendok makan  dengan cangkir air. Campuran itu untuk bilas setelah mencuci bersih rambut Anda dari shampo. Cuka sangat bagus untuk menghilangkan penumpukan dan residu dari rambut dan kulit kepala dan menutup kutikula rambut.

Minyak zaitun

Minyak saitun salah satu yang bisa mengatasi rambut kering. Oleskan minyak zaitun langsung ke rambut Anda, kemudian tutup dengan shower cap. Tunggu hingga 30 menit, setelah itu keramasi rambut Anda dengan shampo untuk menghilangkan minyak. Minyak zaitun bekerja melindungi  kutikula rambut, memelihara rambut dengan penyembuhan vitamin E dan melindunginya dari kerusakan lebih lanjut dengan antioksidan kuat.  Minyak zaitun telah digunakan sebbagai salah satu resep kecantikan sejak Yunani kuno, dan itu masih salah satu solusi terbaik rambut kering hingga sekarang.

Video Cara Mengatasi Rambut Kering

Banyak faktor penyebab rambut kering. Akan tetapi banyak juga cara mengatasi rambut kering itu, baik perawatan alami maupun dengan zat-zat kimia. Itu adalah beberapa tips merawat rambut kering yang cukup mudah untuk dilakukan dengan mudah di rumah sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar